Senin, 16 April 2012

Pronounce gerund

Gerund adalah kata kerja yang berakhiran -ing yang berfungsi sebagai kata benda. Gerunds mempunyai bentuk yang sama dengan Participles, yaitu sama-sama berakhiran -ing, namun berbeda fungsi. Untuk Participles kami akan membahasnya secara terpisah.

Di bawah ini akan kami bahas fungsi dari Gerund. Hal yang perlu diingat adalah Gerunds dianggap sebagai Singular dan kata gantinya adalah "it".
KAPAN KITA GUNAKAN GERUNDS?
1. SEBAGAI SUBJEK KALIMAT
Apabila kita ingin meletakkan Kata Kerja di awal kalimat, maka kita harus mengubahnya menjadi V-ing.
Contoh:
• Smoking is bad for your health.
(Merokok itu tidak baik untuk kesehatan)
• Reading is my hobby.
(Membaca adalah hobi saya)
2. SEBAGAI OBJEK KALIMAT
Apabila Kata Kerja berfungsi sebagai Objek Kalimat, maka gunakan juga V-ing (Gerunds).
Contoh:

• I don't like fishing.
(Saya tidak suka memancing)
• I will stop smoking.
(Saya akan berhenti merokok)
3. SEBAGAI SUBJECTIVE COMPLEMENT
Apabila ada kata kerja yang berfungsi sebagai pelengkap pokok kalimat, maka juga harus dibentuk dalam V-ing. Bentuk ini biasanya setelah "to be".
Contoh:
• My hobby is swimming.
(Hobby saya adalah berenang)
• His best talent is teaching.
(Bakat terbaiknya adalah mengajar)
• My favorite activity in leasure time is fishing.
(Aktivitas favorit saya pada waktu senggang adalah memancing)
4. SETELAH NO..!
Pada ungkapan larangan setelah "No" juga harus dibuat dalam bentuk V-ing (Gerunds).
Contoh:
• No spitting!
(Dilarang meludah!)
• No Smoking!
(Dilarang merokok)
5. SETELAH POSSESSIVE ADJECTIVES
Jika ingin meletakkan kata kerja setelah kata kepunyaan seperti my, our, her, dllmaka kata kerjanya juga harus dalam bentuk Gerunds.
Contoh:
• Thank you for your visiting.
(Terima kasih atas kedatangan Anda)
• I am sorry for my coming late.
(Mohon ma'af atas keterlambatan saya)
6. MENYATAKAN PASIF
Untuk menyatakan kalimat pasif, khususnya setelah Kata Kerja Want, Need, require,dan deserve, maka gunakan Gerunds.
Contoh:
• Your house need repainting.
(Rumahmu perlu dicat ulang)
• This car wants repairing.
(Mobil ini mau diperbaiki)
7. SEBAGAI IDIMATIC EXPRESSION
Untuk fungsi ini biasanya berpola "GO + V-ing".
Contoh:
• I went shopping with my mother.
(Saya pergi berbelanja dengan ibu saya)
• She will go camping, won't she?
(Dia akan pergi berkemah, bukan?)
8. SETELAH KATA DEPAN (PREPOSITIONS)
Apabila ada kata kerja yang berada setelah kata depan, maka harus dibentuk dalam Gerunds.
Contoh:
• Before leaving, I locked the door.
(Sebelum pergi, saya mengunci pintu rumah)
• He goes out without saying anything.
(Dia keluar tanpa mengucapkan sepattah kata pun)
9. SETELAH KATA KERJA TERTENTU
Apabila ada kata kerja setelah kata kerja di bawah ini, maka kata kerja yang kedua harus dalam bentuk Gerunds.
Admit, discuss, enjoy, forget, remember, finish, stop, avoid, dll
Contoh:
• My father enjoy swimming very much.
(Ayah saya suka sekali berenang)
• Mary has finished discussing about Africa and its people.
(Mary sudah selesai mendiskusikan tentang Africa dan orang-orangnya)
10. SEBAGAI PELENGKAP IDIOM
Apabila ada kata kerja yang berada setelah idiom di bawah ini, maka juga harus dalam bentuk Gerunds.
Cant't help, feel like, can't stand, look like, don't mind, it's wort, it's no good, it's no use, dll
Contoh:
• I think it's no use trying it again.
(Saya rasa tidak ada gunanya untuk mencobanya lagi)
• I can't stand meeting the Queen.
(Saya sudah tidak tahan lagi untuk berjumpa dengan sang Ratu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar