Selasa, 01 Maret 2011

Luna dan Infotaintment

Semua tentu sudah tahu mengenai perseteruan antara Luna Maya dengan Infotaintment. Mungkin sudah sekian ribu orang pula membahas masalah ini, tapi tak apalah telat untuk mengutarakan pendapat saya mumpung belum terlalu basi :P hahaha. Saya bukanlah penulis bayaran yang bisa membela salah satu pihak, tapi saya akan mengungkapkan beberapa fakta yang saya lihat mengenai hal ini. Jadi saya adalah pihak netral yang “kemungkinan” akan mendukung Luna Maya. Mengapa demikian? Ini lah penjelasannya.

PERTAMA, Infotaintment tidak mendidik. Banyak program infotaintment yang menampilkan aib seseorang yang saya pikir tidak layak jadi konsumsi publik meskipun dia adalah publik figur. Contohnya Luna Maya yang dari dulu dikejar infotaintment mengenai kedekatannya dengan Ariel yang seluruh Indonesia juga sekarang sudah tahu. Lalu jika semua masyarakat sudah tahu mengapa Infotainment masih saja ribut soal itu? apa yang dicari dan apa lagi yang ingin diberitakan?. Parahnya saya amati para pencari berita infotaintment terkadang mengejar-ngejar narasumber sampai si orang tersebut merasa tidak nyaman. Kalau memang narasumber tidak mau memberikan keterangan, ya sudah tidak perlu dipaksa. Bukankah wartawan Infotaintment tahu etika itu? Bayangkan bila kita harus dikerubuti ditempat umum dan dicerca berbagai pertanyaan “sangat” pribadi? apakah kita akan merasa nyaman?

KEDUA, Infotaintment Terkadang Berlebihan. Selama ini, infotaintment sering kali mengklaim bahwa diri mereka adalah orang yang paling berjasa dalam perkembangan seorang publik figur. Benarkah itu? Coba kita lihat Dessy Ratnasari sang miss no comment itu. Beliau saya rasa jauh dari kesan infotaintment dan lihat!! dia sukses. Atau kalian pernah tahu The Sigit, White Shoes and the Couple of Companies, Superman is Dead? Band Indonesia yang sudah terkenal malang melintang di luar negeri malah sepi ekspos. Infotaintment Indonesia selama ini hanya mencari-cari kesalahan dan skandal para publik figur saja. Apakah itu yang disebut berjasa? Naudzubillah.

Mungkin masih banyak hal lainnya yang bisa saja saya opinikan, tapi tulisan saya terbatas pada blog ini, takut teman-teman yang membaca merasa jenuh dan kepanjangan atas fakta yang saya ungkapkan nantinya. Intinya, semua tentu sudah tahu dan jengah dengan ulah dan tingkah “oknum” infotaintment.

Meski banyak hal buruk, ada juga yang baik dari Infotaintment namun sayang nya masih sedikit. Perlu ditingkatkan lagi, jangan hanya gossip dan aib saja yang diungkap, perbanyaklah prestasi artis. Seluruh Infotaintment seharusnya mencontoh program “SHOWBIZ” atau “JUST ALVIN” di Metro TV yang benar-benar program infotaintment yang bermanfaat. Tidak hanya berisi informasi hal-hal terbaru dari dunia entertainment tapi juga prestasi yang diperoleh para artis.

Well, lalu bagaimana dengan Luna Maya? Okay, Luna juga saya anggap salah karena telah memaki orang dengan bahasa yang sangat kasar di depan umum. Tapi semua itu termaafkan karena semua akibat pasti ada sebabnya, saya memaklumi apa yang terjadi pada Luna Maya, jadi saya mendukung Luna. Lagipula, Luna telah resmi minta maaf lewat twitternya. Kesalahan yang Luna buat via twitter dan minta maaf lewat twitter saya pikir cukup, tidak perlu lagi melakukan apa-apa. Tapi alangkah baiknya siyh, Luna tetap jumpa pers mengenai masalah ini, masalahnya dia adalah publik figur.

Bagi saya, perbuatan Luna yang menghina infotaintment secara jelas dan kasar begitu tidak lah melanggar hukum, LUNA HANYA MELANGGAR ETIKA. Namanya manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Luna bersabarlah menghadapi cobaan ini, dan buat Infotaintment mohon maaf bila harus saya tuliskan ini. Saya hanyalah seorang blogger yang mencoba mengutarakan pendapat saya, semoga berkenan dan diambil positifnya untuk bahan renungan kita semua agar menjadi orang yang lebih baik lagi dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar