Sabtu, 15 Oktober 2011

Pembuatan Proposal Usaha

Konsep dasar suatu proposal dibuat adalah adanya market atau terjadinya pertukaran informasi. Market adalah sekelompok orang yang punya kebutuhan/keinginan dan uang,dan berkeinginan membelanjakan uangnya, serta mau membayarnya. Sehingga untuk dapat mendekati market, harus ada approach terhadap yang punya keinginan dan uang punya uang atau disebut sebagai market potensial. Isi suatu proposal harus memperhatikan minimal 10 hal berikut :
1.Profil Perusahaan
• Nama dan alamat perusahaan
• Nama pengusaha dan nomor telepon
• Latar belakang
• Nomor akte notaries dan kelengkapan ijin lainnya
• Lingkup usaha perusahaan
• Struktur Organisasi
2. Profil Usaha
• Paragraf berisi gambaran peruahaan dan bisnis
• Maksud dan tujuan perusahaan
• Latar belakang usaha
• Konsep usaha
• Jumlah modal/dana yang dibutuhkan
• Pernyataan kerahasiaan laporan untuk kepentingan dan keamanan wirausahawan
3. Executive Summary
Dibutuhkan apabila perusahaan bermaksud menarik investor, yaitu setelah Rencana Usaha ( business plan ) dibuat. Panjangnya sekitar 3 atau 4 halaman dan diharapkan melalui executive summary akan merangsang minat dari investor potensial. Investor memakai summary untuk mengetahui apakah rencana usaha tersebut layak dibaca keseluruhan. Summary meringkas dan meyakinkan nilai penting seperti tingkat resiko, modal yang dibutuhkan, pasra potensial dan factor pendukung seperti alsan keberhasilan usaha, yaitu antara lain :
A. Industri Analysis
 Prediksi masa depan dan trend
 Perkiraan Industri
 Analisis Pesaing
 Segmentasi pasar
 Description of Venture
B. Produk
 Service
 Cakupan Usaha
 Perlengkapan kantor dan pegawai
 Latar Belakang wirausahawan
C. Production Plan
 Proses manufaktur
 Rencana Fisik
 Mesin dan Peralatan
 List supplier dan bahan baku
D. Marketing Plan
 Harga
 Distribusi
 Promosi
 Perkiraan Produk
 Kontrol
E. Organization Plan
 Form Kepemilikan
 Identifikasi patner dan pemegang saham
 Batasan kekuasaan pemodal/pemegang saham
 Latar Belakang tim manajemen
 Peraturan dan tanggung jawab para anggota oraganisai
F. Assessment of risk
 Evaluasi kelemahan bisnis
 Teknologi terbaru
 Rencana kelanjutan
G. Financial Plan
 Pro Forma income statement
 Proyeksi cash flow
 Pro forma balance sheet
 Break even analisis
 Sumber dan Aplikasi data
H. Appendix
 Surat – surat
 Data riset pemasaran
 Surat persetujuan dan surat kontak
 Daftar harga dan supplier

Tidak ada komentar:

Posting Komentar